Get Chitika | Premium

Bahaya Perokok Pasif

Tuesday, February 16, 2010

Untuk waktu yang lama, asap rokok dari orang lain itu tidak dianggap sebagai ancaman bagi kesehatan, namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa merokok pasif merupakan bahaya yang serius. Itu kini telah terbukti bahwa orang-orang yang menghirup asap dari rokok orang lain, baik dihembuskan oleh perokok atau menghirup langsung dari rokok yang terbakar, berada pada risiko terkena semua penyakit yang sama seperti perokok aktif. Hal ini telah memperkuat peraturan untuk larangan merokok di tempat umum, sudah diterapkan di beberapa negara seperti Irlandia dan di Wales.Di Indonesia pun di beberapa daerah dan tempat telah diberlakukan peraturan tersebut. Hanya saja pengawasannya yang terkesan tidak serius.
Perhatian biasanya terfokus pada anak-anak, tetapi penelitian menunjukkan bahwa setiap orang, dari bayi sampai pada para manula lebih rentan terhadap penyakit jika menghabiskan waktu di dekat para perokok.

Bahkan penelitian kedua di Spanyol dan Italia telah menunjukkan bahwa asap tembakau adalah 20 kali lebih beracun daripada asap buangan! Anak-anak yang tinggal dengan orangtua yang perokok lebih mungkin menderita asma dan infeksi telinga jika sudah menderita asma. Hasilnya langsung batuk, sakit kepala dan mual. Lebih lanjut efek jangka panjang yang mungkin mencakup masalah kardiovaskular. Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan bahwa 50% dari anak-anak di dunia terpapar asap rokok di lingkungan, yang bisa mengakibatkan efek jangka panjang.

Penyakit utama yang berhubungan dengan merokok adalah kanker paru-paru dan penyakit jantung dan mungkin sebagai informasi bahwa menghirup asap rokok orang lain dapat menempatkan Anda pada risiko yang sama terhadap masalah kesehatan. Bahkan, jika Anda mengalami perokok pasif dari waktu ke waktu, Anda memiliki 20-30% peningkatan resiko mendapat kanker paru-paru dan penyakit jantung gambarannya adalah antara 25-35%. Yang Paling mengkhawatirkan, kemungkinan peningkatan risiko stroke lebih dari 80%.

Jika Anda seorang perokok Anda harus sadar akan bahaya merokok pasif. Itu salah satu hal yang merugikan diri sendiri, tetapi apakah Anda benar-benar ingin menyakiti orang di sekitar Anda, terutama anak-anak Anda?

Sumber : Waller Jamison


Baca artikel terkait lainnya :



0 comments:

 
 
 
free counters